Pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu
program PAUDNI oleh penilik dapat
dilakukan secara langsung dan/atau secara tidak langsung.
1. Secara
Langsung
Pengendalian mutu secara langsung, dilakukan dengan mengunjungi (memantau) langsung ke lokasi satuan lembaga PAUDNI secara berkala sesuai dengan rencana tahunan pengendalian mutu untuk melihat kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan satuan lembaga PAUDNI.
Pengendalian mutu secara langsung, dilakukan dengan mengunjungi (memantau) langsung ke lokasi satuan lembaga PAUDNI secara berkala sesuai dengan rencana tahunan pengendalian mutu untuk melihat kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan satuan lembaga PAUDNI.
Dalam pelaksanaan kegiatan
pengendalian mutu program PAUDNI dapat dilakukan: (i) mengidentifikasi dan mencatat permasalahan atau
kendala yang dihadapi oleh pendidik dan tenaga
kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan; (ii) memberikan bimbingan/alterantif solusi kepada pendidik dan
tenaga kependidikan pada satuan lembaga PAUDNI atas kendala yang dihadapi dalam pembelajaran.
Dalam melakukan pemantauan program pembelajaran
dan kelembagaan PAUDNI, menggunakan instrumen pemantauan.
2. Secara
Tidak Langsung
Pengendalian mutu program PAUDNI secara tidak langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan instrumen yang telah dirancang khusus untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada satuan lembaga PAUDNI. Instrumen yang digunakan untuk pengendalian mutu disesuaikan dengan variabel yang ingin diketahui dan sesuai dengan kebutuhan. Instrumen pengendalian mutu dilengkapi dengan panduan untuk pengisiannya.
Pengendalian mutu program PAUDNI secara tidak langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan instrumen yang telah dirancang khusus untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada satuan lembaga PAUDNI. Instrumen yang digunakan untuk pengendalian mutu disesuaikan dengan variabel yang ingin diketahui dan sesuai dengan kebutuhan. Instrumen pengendalian mutu dilengkapi dengan panduan untuk pengisiannya.
0 komentar:
Posting Komentar