Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Jawa Barat adalah organisasi profesi sebagai wadah perjuangan dalam meningkatkan kemampuan profesi dan kesejahteraan penilik di wilayah Jawa Barat yang terdiri 26 Kota Kabupaten dan terbagi 5 wilayah kerja. email : ipijabar4@gmail.com dan ipijabar2011@yahoo.com
Selamat Datang di Situs Media IPI Jawa Barat, dengan VISI “TERCIPTANYA KERJASAMA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL PENILIK, MUTU PENDIDIKAN NON FORMAL IN FORMAL DAN TERWUJUDNYA INSAN PENILIK YANG SEJAHTERA”

Sabtu, 27 Oktober 2012

Bentuk pengendalian mutu yang dilakukan Penilik.

Pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu program PAUDNI oleh penilik dapat dilakukan secara langsung dan/atau secara tidak langsung.

1. Secara Langsung
Pengendalian mutu secara langsung, dilakukan dengan mengunjungi  (memantau) langsung ke lokasi satuan lembaga PAUDNI secara berkala sesuai dengan rencana tahunan pengendalian mutu untuk melihat kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan satuan lembaga PAUDNI.
  Dalam pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu program PAUDNI dapat dilakukan: (i) mengidentifikasi dan mencatat permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh pendidik dan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan; (ii) memberikan bimbingan/alterantif solusi kepada pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan lembaga PAUDNI atas kendala yang dihadapi dalam  pembelajaran.
Dalam melakukan pemantauan program pembelajaran dan kelembagaan PAUDNI, menggunakan instrumen pemantauan.

2. Secara Tidak Langsung
Pengendalian mutu program PAUDNI secara tidak langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan instrumen yang telah dirancang khusus untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada satuan lembaga PAUDNI. Instrumen  yang digunakan untuk pengendalian mutu disesuaikan dengan variabel yang ingin diketahui dan  sesuai dengan kebutuhan. Instrumen pengendalian mutu  dilengkapi dengan panduan untuk pengisiannya.

0 komentar:

Posting Komentar