1. Kompetensi Kepribadian
- Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan.
- Memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai penilik.
- Memiliki kreativitas dalam bekerja dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan tugas-tugas penilik.
- Bersikap positif terhadap pembaharuan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menunjang tugas pokok penilik.
- Memiliki motivasi kerja tinggi dalam rangka meningkatkan disiplin, budaya kerja, dan kemandirian.
2. Kompetensi Sosial
- Menguasai karakteristik sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat.
- Mampu bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi penilik.
- Mampu berperan serta dalam kegiatan organisasi profesi penilik dan organisasi profesi lainnya.
- Memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah yang terjadi pada masyarakat setempat.
- Menguasai masalah sosial kemasyarakatan dan cara pemecahannya.
3. Kompetensi Supervisi Manajerial
- Menguasai fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI).
- Menguasai konsep, prinsip, metode dan teknik supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan PNFI.
- Menguasai teknik penyusunan rancangan dan pelaksanaan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PNFI.
- Menguasai metode dan instrumen kerja untuk melaksanakan tugas pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PNFI.
- Membina pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan PNFI.
4. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan
- Menguasai pendekatan, metode, jenis dan prosedur penelitian untuk mengembangkan PNFI.
- Menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian dan non-penelitian bidang PNFI.
- Menguasai langkah dan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan.
- Menguasai teknik penyusunan buku ajar, buku pedoman, buku petunjuk teknis untuk pelaksanaan pengendalian mutu PNFI.
- Memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan PNFI.
5. Kompetensi Supervisi Akademik
Penilik PAUD
- Menguasai konsep, prinsip dasar, dan teori perkembangan anak usia dini.
- Menguasai konsep, prinsip dasar, metode dan teknik pengasuhan/pembelajaran anak usia dini (PAUD).
- Membimbing pendidik PAUD dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pengasuhan/pembelajaran.
- Membimbing pendidik PAUD dalam melaksanakan kegiatan pengasuhan/pembelajaran.
- Membimbing pendidik PAUD dalam menggunakan dan mengembangkan alat permainan edukatif, media pembelajaran dan teknologi informasi untuk melaksanakan kegiatan pengasuhan/pembelajaran.
Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan
- Menguasai konsep, prinsip dasar, dan teori pendidikan nonformal.
- Menguasai konsep, prinsip dasar, dan teori perkembangan remaja, pemuda dan orang dewasa.
- Menguasai konsep, prinsip dasar, metode dan teknik pembelajaran pada pendidikan kesetaraan dan keaksaraan.
- Membimbing pendidik pada Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
- Membimbing pendidik pada Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran.
Penilik Kursus
- Menguasai konsep, prinsip dasar, dan teori pendidikan nonformal.
- Menguasai konsep, prinsip dasar, dan teori perkembangan remaja, pemuda dan orang dewasa.
- Menguasai konsep, prinsip dasar, metode dan teknik pembelajaran kursus.
- Membimbing instruktur kursus dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
- Membimbing isntruktur kursus dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran.
6. Kompetensi Evaluasi Pendidikan
Penilik PAUD
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan aplikasinya dalam PAUD.
- Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar pada PAUD.
Menguasai konsep, prinsip dan instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan PAUD. - Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasilnya untuk meningkatkan mutu PAUD.
- Membimbing pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja untuk peningkatan mutu pembelajaran.
- Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan PAUD untuk melakukan pembinaan lebih lanjut.
Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan aplikasinya dalam pendidikan kesetaraan dan keaksaraan.
- Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar pada pendidikan kesetaraan dan keaksaraan.
- Menguasai konsep, prinsip dan instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan kesetaraan dan keaksaraan.
- Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasilnya untuk peningkatan mutu pendidikan pada pendidikan kesetaraan dan keaksaraan.
- Membimbing pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan kesetaraan dan keaksaraan dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja untuk peningkatan mutu pembelajaran.
- Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan kesetaraan dan keaksaraan untuk pembinaan lebih lanjut.
Penilik Kursus
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan aplikasinya dalam kursus.
- Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar pada kursus.
- Menguasai konsep, prinsip dan instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan kursus.
- Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasilnya untuk peningkatan mutu pembelajaran kursus.
- Membina pendidik dan tenaga kependidikan kursus dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja untuk peningkatan mutu pendidikan.
- Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan kursus untuk pembinaan lebih lanjut.
0 komentar:
Posting Komentar